Unej Jembatani Kerjasama Sekolah di Jember dengan Sekolah di Thailand

Jember, 14 Mei 2013.
 

Unej Jembatani Kerjasama Sekolah di Jember dengan Sekolah di Thailand

 

Kerjasama antara Universitas Jember dengan Bangkok Secondary Schools melalui program International Standard Teacher Education (ISTE) dan English for Integrated Study (EIS) yang secara teknis dilakukan oleh FKIP Universitas Jember nampaknya berimbas pada sekolah-sekolah di Jember. Beberapa sekolah menyampaikan ketertarikan untuk melakukan kerjasama dengan sekolah di Thailand.
Hal tersebut diungkapkan langsung kepada Vice Minister of Ministry of Education (MOE) Thailand, Suwat Tantipat dalam acara Informal Meeting dengan tema “The Challange of Indonesaian-Thailand Education on Asean +8 Community Era” di Aula lantai 3 gedung dr.R.Achmad Rektorat Universitas Jember (15/5).
Suwat Tantipat menyambut baik usulan kerjasama ini.  “Dalam  kebijakan kami kerjasama semacam ini pada prinsipnya tidak ada masalah”  jawabnya. Sementara itu menurut Presiden Asosiasi Sekolah Bertaraf Internasional Thailand , Surapong Ngamsom, mengatakan secara teknis kerjasama ini bisa dilakukan jika masing-masing sekolah bisa memahami karakter dan kualitasnya.
Dalam kesempatan yang sama mantan Atase Pendidikan KBRI Bangkok, Thailand, Prof. Dr. sc. agr. Ir. Didik Sulistyanto yang juga merupakan dosen Universitas Jember berbagi pengalaman ketika masih menjabat. “Kerjasama dengan sekolah di Thailand bisa langsung dilakukan School to School,  yang penting tentukan dulu  kegiatan apa yang akan dikerjasamakan, harus punya kontak person dengan sekolah disana, komunikasikan secara intens, kalau sudah sejalan tinggal menandatangani MOU. Sangat simpel” Jelasnya.
Selanjutnya Prof. Dr. sc. agr. Ir. Didik Sulistyanto mengatakan “Jika ada ketertarikan ke arah sana Universitas Jember bersedia untuk diajak berdiskusi dan menjadi jembatan untuk merealisasikan kerjasama itu.”
Sementara itu kedatangan Vice Minister of Ministry of Education (MOE) Thailand, Suwat Tantipat didampingi oleh Direktur Kantor Biro Pengembangan Guru Thailand, Presiden Asosiasi Sekolah Bertaraf Internasional Thailand dan enam Kepala Sekolah SMA di Thailand. Selain menghadiri Informal Meeting di Rektorat Universitas Jember mereka dijadwalkan akan mengikuti seminar Internasional dengan tema “The Readiness of 2013 Indonesian Thailand Curriculum of Welcome ASEAN Plus Eight Community” pada tanggal 14 Mei 2013 di Gedung Sutardjo. (did)

0 komentar: